Pemanfaatan lahan kosong di lingkungan sekolah

Pemanfaatan lahan kosong di lingkungan sekolah

Sekolah merupakan suatu lembaga yang dirancang untuk pengajaran bagi peserta didik di bawah pengawasan guru. Melalui lembaga sekolah siswa diharapkan memiliki bekal ilmu pengetahuan, sikap yang baik, keterampilan yang mendukung serta pengalaman yang banyak guna bekal melanjutkan kehidupannya kelak. Selain itu siswa juga diharapkan memiliki kepedulian terhadap lingkungan sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan alam. Kebutuhan akan lahan sangatlah penting bagi setiap makhluk hidup karena lahan merupakan bagian dari permukaan bumi yang mempunyai karakter dan fungsi yang luas dengan berbagai macam kekayaan yang terkandung di dalamnya.

Kegiatan penanaman tanaman dilakukan di lingkungan sekolah dengan memanfaatkan lahan – lahan kosong yang masih ada. Lahan tersebut digunakan untuk memberikan pengetahuan serta pengalaman bagi peserta didik Lahan sekolah merupakan pekarangan yang berada disekitar sekolah yang bermanfaat untuk kelangsungan hidup warga sekolah. Jadi lahan sekolah sangat efesien apabila dapat dilakukan untuk bahan pemebelajaran dan nilai ekonomi dan lain – lain. Kegiatan penanaman tanaman dilakukan di lingkungan sekolah dengan memanfaatkan lahan – lahan kosong yang masih ada. Lahan tersebut digunakan untuk memberikan pengetahuan serta pengalaman bagi peserta didik.

Di SMK Al Hidayah Wonorejo lahan kosong dimanfaatkan untuk ditanami pohon pepaya. Pepaya yang ditanam ada dua jenis yaitu Pepaya Thailand dan Pepaya California. Selain berguna untuk kerindang dan menghambat pertumbuhan rumput, pepaya juga memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu:

  1. Mengandung Banyak Nutrisi
  2. Mengandung Antioksidan
  3. Mencegah Kanker
  4. Meningkatkan Kesehatan Jantung
  5. Mencegah Peradangan
  6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
  7. Melindungi Kulit dari Kerusakan
  8. Menjaga Kesehatan Rambut
  9. Mencegah Penyakit Asma
  10. dll

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *